PURI IBU KAWITAN MAJAPAHIT PEMERSATU PERBEDAAN DI NUSANTARA

JIMBARAN (KORANJURI.COM) - Kerajaan Majapahit boleh sirna luluh lantak rata dengan tanah, namun di Jimbaran, Bali, kerajaan besar yang pernah ada di bumi Nusantara itu menjelma kembali dengan nama baru Puri Ibu Majapahit.

Semua barang-barang yang diperkirakan merupakan peninggalan pada masa kerajaan Majapahit masa lalu, seperti keris, patung dan mata tombak, tersimpan di keraton kecil tersebut.Tidak hanya itu saja, konsep tatanan sosial, pemerintahan dan keyakinan dalam beribadat,
juga masih digunakan dalam kehidupan sehari-hari di Puri yang terletak di Jimbaran, Bali.

Puri Ibu Majapahit juga memiliki seorang raja yang bergelar Hyang Bathara Agung Wilatikta Brahmaraja XI atau yang disebut Raja Majapahit masa kini.

“Raja Majapahit sekarang atau yang biasa kami sebut dengan Eyang, punya tugas sesuai dengan yang diamanatkan leluhur. Beliau sekarang merupakan keturunan ke XI Raja Majapahit,” kata Gusti Raden Panji Noko Prawiro, seorang Pedanda Siwa di Pura Ibu Majapahit.

Hanya saja, Raja di jaman sekarang menurut Noko Prawiro, kiprahnya tetap mengikuti peradaban dengan segala kemajuan yang ada, atau tidak kaku seperti yang ada pada era kerajaan masa lampau. Seperti yang dilakukan Hyang Bathara Agung Wilatikta Brahmaraja XI, dikatakan Noko Prawiro, tetap lurus pada ajaran Siwa Budha dalam tata peribadatan. Siwa Budha merupakan keyakinan yang dianut masyarakat pada masa Majapahit lampau.

Kegiatan yang lain juga tampak pada upaya menyatukan persepsi dan penyamaan dalam visi kesukuan, agama, ras dan antar golongan.

“Kita wajib berbangga, karena perbedaan yang kita miliki kita menjadi kaya dan disitulah sebenarnya konsep penyatuan Nusantara di era Majapahit dulu. Hal itulah yang sering disampaikan Hyang Bathara Agung dengan memberikan wejangan kepada kami supaya kembali memahami arti perbedaan,” terang Gusti Raden Panji Noko Prawiro.

Pola penyatuan Nusantara dalam konsep Hyang Bathara Agung Wilatikta Brahmaraja XI, salah satunya menjalin silaturahmi antar raja-raja di seluruh Nusantara melalui Forum Keraton Seluruh Nusantara (FKSN). Menurut Noko Prawiro, kerajaan-kerajaan di seluruh Nusantara terikat pertalian sejarah yang tak pernah bisa dipisahkan.

“Banyaknya kerajaan pada masa itu tak lepas dari pergolakan politik yang ada. Satu saudara bisa saja saling bertikai dan yang kalah memutuskan keluar dari kerajaan kemudian membentuk kerajaan baru di luar. Meski begitu, sebenarnya raja-raja yang berkuasa tetap berasal dari satu keturunan, hanya terpisah jarak dan waktu saja,” kata Noko Prawiro.

Berpose di depan pintu ijin masuk ke keraton
Secara rutin dalam setiap pergantian tahun, Puri Ibu Majapahit bersama organisasi kemasyarakatan yang terdiri dari World Hindu Youth Organization (WHYO), BEM Universitas Mahendradatta, Forum Komunitas Siwa Budha , dan pada pemuda pemudi Bali, menggelar pemujaan kepada leluhur di Pura Besakih.

Pura Besakih sendiri dianggap sebagai pura tempat bersemayamnya leluhur keturunan Majapahit yang pernah hijrah ke Bali.

“Tahun ini sudah yang kesepuluh kalinya diadakan. Disana kami melakukan tapa brata penyepian tepat saat pergantian tahun, dimulai pukul 00.00 wita. Biasanya acara diisi dengan doa bersama untuk keselamatan dan kedamaian Nusantara,” kata Noko Prawiro.

Kegiatan itu biasanya juga dihadiri oleh berbagai organisasi kemasyarakatan yang berasal dari luar negeri. Gusti Raden Panji Noko Prawiro menuturkan, kisah kebesaran Majapahit masa lampau tidak hanya ada di Indonesia saja, di negara luar seperti, Singapura yang dulu merupakan kerajaan Tumasik, Thailand yang terkenal dengan kerajaan Swarnabhumi sampai negeri Cina sampai sekarang masih mengakui adanya kerajaan besar yang bernama Majapahit yang pernah mempersatukan Nusantara.

“Indonesia hanya sebagian kecil dari Majapahit. Tapi secara luas, negara-negara kerajaan di Asia sampai ke Cina masih sering berkunjung ke Puri Ibu Majapahit. Dari situlah hubungan multilateral masih terjalin dengan baik sampai sekarang. Mereka juga merasa pernah menjadi bagian dari Nusantara,” kata Gusti Raden Panji Noko Prawiro.

Pengalaman lain dari masa keemasan Majapahit juga dirasakan oleh Anak Agung Yudistira dari Puri Agung Dharma Giri Utama, Desa Biaung, Denpasar, saat dirinya berkungjung di bekas kerajaan Swarnabumi atau sekarang dikenal dengan negara Thailand.

Menurutnya, segala macam prasasti dan lontar-lontar yang menggambarkan Majapahit masih tersimpan di negeri Gajah Putih tersebut.
Ritual dan tradisi yang dilakukan sebagian besar masyarakat di Thailand juga hampir mirip dengan yang ada di jawa dan di Bali.

“Saya melihat aura kebudayaan dan tradisi adat di sana (Thailand, red) hampir mirip dengan yang ada di Bali dan Jawa. Dalam tradisi disana, ada juga ritual kirab pusaka yang diarak keliling kota,” terang Anak Agung Yudistira.

Raja Majapahit Bali
Konsep lain dari Hyang Bathara Agung Wilatikta Brahmaraja XI tentang raja dan kerajaan di masa sekarang adalah, raja bisa saja bukan berasal dari keturunan seorang raja dan raja bisa saja tidak memiliki kerajaan atau bertahta di kerajaan yang kecil seperti Puri. Dalam satu istilah dikatakan, raja diangkat tanpa serat sedawir atau tanpa selembar dokumen pun.

Inti yang terpenting dari seorang raja adalah bagaimana menciptakan suasana rukun, damai, sejahtera serta menjalin komunikasi yang baik dengan negara-negara luar sehingga tercipta kerukunan dan kemakmuran secara global.

Dari situ kemudian, ia mengangkat Raja Majapahit Bali pada tahun 2009 yang bergelar Sri Wilatikta Tegeh Kori Krisna Kepakisan I. Raja majapahit Bali ini diangkat dari seorang pemuda yang bernama I Gusti Ngurah Arya Wedhakarna yang merupakan rektor termuda yang menjabat di Universitas Mahendradatta, Bali dengan usia belum mencapai 30 tahun.

“Gusti Ngurah Arya Wedhakarna juga peraih gelar doktor termuda. Karena kemampuannya di bidang sains, Hyang Bathara Agung mengukuhkan sebagai Raja Majapahit Bali. Tugasnya adalah menjalin hubungan diplomatik dengan negara-negara luar, dan yang sudah dilakukan diantaranya dengan negara Rusia, Jepang,dan Australia,” jelas Gusti Raden Panji Noko Prawiro.

Dengan demikian, Raja Majapahit Bali itu bisa dianggap sebagai tangan kanan Hyang Bathara Agung Wilatikta Brahmaraja XI atau bisa juga disebut Gajah Mada-nya Majapahit era sekarang.

“Untuk menjalin hubungan diplomatic harus dilakukan oleh seorang ahli yang mampu melaksanakan tugas tersebut. Karena itu, beliau mengangkat Raja Majapahit Bali dalam upaya menyatukan dan menjaga Nusantara agar tetap bersatu serta menjaga teguh tradisi dan budaya yang ada,” terang Noko Prawiro.

Benda Pusaka
Melihat keberadaan Puri Ibu Majapahit lazim seperti tempat peribadatan umat Hindu Bali. Hanya saja, disitu seluruh umat beragama boleh melakukan persembahyangan, tanpa terkecuali. Gusti Raden Panji Noko Prawiro mengatakan, hal itu merupakan cerminan dari Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa yang jadi ikon persatuan di bumi nusantara.

Disitu terdapat replika Candi Siwa berupa meru tumpeng 9 yang merupakan perwujudan dari bentuk laki-laki yang memiliki 9 lobang. Kemudian dibelakang candi Siwa terdapat meru tumpeng 11 sebagai perwujudan bentuk perempuan yang memiliki 11 lobang. Meru tumpeng 11 ini juga disebut dengan Pagoda. Disitulah terlihat ajaran Siwa Budha yang dianut Majapahit masa lampau.

“Secara filosofis meru tumpeng 9 dan 11 adalah, siapa yang mampu menutup semua lobang yang ada akan menemukan kehidupan sejati. Menutup lobang artinya, menjaga indera dan menahan nasfu dari hal-hal yang bersifat negatif,” terang pria yang mendapat gelar kehormatan dari Keraton Mangkunegaran Surakarta sebagai Pembina Budaya ini.

Selain itu, benda-benda pusaka yang merupakan peninggalan di masa kerajaan majapahit juga masih tersimpan dan dirawat dengan baik. Diantaranya, keris Gajah Mada sepanjang 1,5 meter, keris Sapta Reshi, Keris Mpu Gandring, keris Singobarong, Keris Kala Srenggi, bahkan keris Sam Poo Kong, termasuk lontar-lontar yang berkisah tentang kebesaran Kerajaan Majapahit juga tersimpan di Puri Ibu Majapahit.

Menariknya, upaya mendapatkan benda-benda pusaka berumur ratusan tahun itu terkadang dilakukan secara tidak sengaja.

“Semua pusaka itu berpasang-pasangan. Kalau disini sudah ada satu, tiba-tiba saja ada kolektor yang datang kemari membawa pusaka yang lain dan ketika dipasangkan, kok bentuknya sama persis dengan jumlah luk juga sama,” terang Noko Prawiro.

Pria yang tak pernah lepas dari sarung warna putih dan ikat kepala ini melanjutkan, adakalanya benda pusaka yang kehilangan pasangannya itu dipinjam orang, dan ketika dikembalikan sudah ada pasangannya.

“Tentu saja yang meminjam juga orang yang mampu ‘membawa’ keris itu, tidak boleh sembarangan orang. Biasanya pusaka dibawa untuk suatu keperluan tapi seringkali malah mampu menarik pasangannya,” katanya demikian.

Hingga sekarang, Puri Ibu Majapahit sering dikunjungi oleh semua kalangan masyarakat di Nusantara bahkan mancanegara. Pelajar dan mahasiswa pun juga sering mendatangi Puri itu untuk sekedar mengetahui dan mempelajari arti penting di balik peninggalan kejayaan nusantara.

(way)
MEMBANGUN & KRITIK DENGAN JELAS

Comments megaburan Pro dan Kontra akan tetap Diterbitkan BEBAS

46 Suara Gemuruh to “PURI IBU KAWITAN MAJAPAHIT PEMERSATU PERBEDAAN DI NUSANTARA”

"Pura Besakih sendiri dianggap sebagai pura tempat bersemayamnya leluhur keturunan Majapahit yang pernah hijrah ke Bali."

apa bukti yg dpt membuktikan bahwa pura besakih bisa diangap sebagai pura tempat bersemayam'a leluhur keturunan majapahit yg pernah hijrah ke bali...jika ingin menulis suatu sejarah bisakah bahasang yg nganbang dihapuskan seperti "dianggap"...siapa yg menganggap..???tlng diperjelas kembali..

"Disitu terdapat replika Candi Siwa berupa meru tumpeng 9 yang merupakan perwujudan dari bentuk laki-laki yang memiliki 9 lobang. Kemudian dibelakang candi Siwa terdapat meru tumpeng 11 sebagai perwujudan bentuk perempuan yang memiliki 11 lobang. Meru tumpeng 11 ini juga disebut dengan Pagoda. Disitulah terlihat ajaran Siwa Budha yang dianut Majapahit masa lampau."

meru merupakan murni hasil lokal jenius orang bali...pada masa kejayan majapahit di tanah jawa tdk ditemukan 1 merupun di sana bahkan sampai keruntuhan jaman majapahitpun tdk bisa ditemukan, smentara meru yg sekarang ada di jawa merupakan hasil dari kreasi orang bali yg hijrah ke jawa....
sebalik'a di bali pada masa ke emasannya yaitu sat pemerintahan asta asura ratna bumi banten dg mahapatih sri kebo iwa, tdk ditemukan 1 candipun yg dipakai untuk memuja para dewa, jadi tlng di cross cek apakah benar ada tingkatan meru yg melambangkan lubang pd manusia..???melambangkan laki2 atau perempuan...????tolong dijelaskan jg supaya sya lebih mengerti..

Anonim mengatakan...
on 

"Konsep lain dari Hyang Bathara Agung Wilatikta Brahmaraja XI tentang raja dan kerajaan di masa sekarang adalah, raja bisa saja bukan berasal dari keturunan seorang raja dan raja bisa saja tidak memiliki kerajaan atau bertahta di kerajaan yang kecil seperti Puri. Dalam satu istilah dikatakan, raja diangkat tanpa serat sedawir atau tanpa selembar dokumen pun."

saya suka konsep ini......
berarti raja juga tidak memerlukan rakyat..jadi siapa saja bisa jadi raja..raja untuk indria dan diri'a sendiri...

Anonim mengatakan...
on 

meru 10000 % bali asli, pakta di jawa tdk da meru ,, ada candi ,,besakih kalau tak salah pengayatan gunung agung, gn tongkir yg di empon oleh Sri maha kulya kul putih semeton sri gnijaya sebagai pemangku di pura itu, diempon oleh catur lawa (4 pondok seksi tugas, dekuh, pasek, pande, penyarikan) ,,, setelah kalah bali, dalem kelungkung merubah fungsi sebagai tmpt roh suci yg telah meninggal melalui pedharman ,,, para arya majapahit,,,yg ada dibelakang catur lawa
kalau benar besakih pura'a majapahit atau yg merintis semestinya pedarmannya berada di muka bukan di belakang bangunan yg memang sudah ada..

Anonim mengatakan...
on 

silahkan anda cros cek data anda dg kami di
http\\srikarangbuncing.blogspot.com
warga keturunan raja bali kuno....bukan keturunan majapahit..

gung bali mengatakan...
on 

Ah,,,masak keturunannya Srikarang Buncing tidak pernah kawin-mengawin pada masa atau era Nusantara alami kejayaan yakni era Majapahit,,,berarti semua ingkar dan mengingkari kalau begitu berasal dari antartika...ya...hemmmm...hmmm
(Pesan Mbah buyut Kompyang alit)

Anonim mengatakan...
on 

si eyang brahmaja si orang sutress yang ngaku2 keturunan majapahit ini siapa sih yang kenal ama tuh orang??? mao cari sensasi aja ni eyang....
dikenal juga engga di masyarakat...

liat aja dari tampangnya mana ada raja tampangnya jelek kaya gitu....
mana ada raja kerjaannya narsis poto poto doang....

brahmaja mah lebih mirip penjual burung ketimbang raja....

Anonim mengatakan...
on 

mbah buyut kompyang alit:seharus'a majapahit juga tdk mengatakan pura besakih sebagai tmpt leluhur'a,karena hanya pura2 kawitan saja yg menjadi milik keturunan majapahit..apakah anda tau sapa pendiri pura besakih..??banyak sumber yg bisa anda baca mengklaim sebagai pendiri majapahit

dalam lontar Aji Murtti Siwa Sasana ning Bwana Rwa, dijelaskan, salinan lontar ini ditulis jaman pemerintahan raja Sri Jayasunu/Sri Taruna Jaya th 1324 M, dan dijelaskan ,,, pnih wayah Gunung Lempuyang dan pinih alih Gunung Agung, ,, perkiraan disebut lempuyang disebut gunung pinih wayah karena di gunung lempuyang letak paling ujung timur pulau bali yg menemukan surya, matahari lebih dahulu ,, disamping itu dari lempuyang ini muncul para pendeta DUKUH yang ada di Bali, sesuai dgn konsep Tri Hitakarana jaman Bali pertengahan, ,,, dan Pura Besakih awalnya pengayatan dewa yg bersemayam di Gunung Agung, sebagai pengampu tempat itu adalah adiknya Sri Gnijaya yg bernama SRI MAHA KULYA KUL PUTIH ,,,, apakah beliau ini yg disebut dalm babad pasek SANGKUL PUTIH, pendiri pura Agung kala itu??? ,,,,

gung bali mengatakan...
on 

,,,SETELAH KALAHNYA BALI ,,,,

setelah kalahnya Bali, kekuasaan dipegang oleh para arya Majapahit, sejak turunan Dalem Baturenggong jadi raja bali th 1600 an, secara perlahan -lahan tapi pasti, pura Tolangkir pengayatan untuk Gunung Agung berubah fungsi menjadi tempat suci para arya majapahit yg berada di belakang PURA CATUR LAWA ,,, dan secara tidak langsung Besakih sebagai kiblat PARAHYANGAN, maka uluning kerajaan GELGEL ,, sedangkan PAWONGAN adalah di Gelgel, dlm teologi hindu bali besakih kiblat tengah dan kaja kangin, dan sastra yg lain kiblat tengah di pejeng adalah PURA PUSERING TASIK ,,,, kembali ke sejarah PURA BESAKIH ,, yg menjadi catatan tertulis ttg pura ini adalah, 2 PRASASTI PURA PENATARAN BESAKIH, satu catatan tertulis th Isaka 1366/ 1444 M dan prasasti th Isaka 1380/1458 M, yg dikeluarkan era Krena Kepakisan ,,, catatan yg lain Prasasti Mpu Bradah, tahun CANDRA SANGKALA 928/1006 M, ,, masih menjadi pertanyaan tahun itu, karena dalam penulisan tahun CANDRA SANGKALA akan memakai kata2 kiasan, contoh, mau katakan angka dua akan ditulis CAKSU (mata), betul mata itu dua, mau dan mau kata angka 0 akan ditulis SUNYA = kosong dll ,,, jadi penulisan angka tahun memakai candra sangkala umumnya akan kelihatan di Purana, bukan di Prasasti, karena prasasti dikeluarkan pada zaman orangnya sendiri, tercata siapa yg menyaksikan dlll dan penulisan pengeluaran prasasti itu memakai angka tahun saat itu bukan memakai tahun kiasan

gung bali mengatakan...
on 

AKTA LAPANGAN ,,, Pura Besakih ka 'abih' oleh CATUR LAWA, yaitu pura DUKUH, Pura PASEK, Pura PANDE dan Pura PENYARIKAN ,,, Catur Lawa adalah empat kelompok tugas (seksi) yg bertanggung jawab thd kelancarkan upacara dan upakara yg ada di penataran Besaki, yaitu DUKUH, yg bertugas dlm bidang pemimpin upacara, dlm hal2 suci, ,,, PANDE yg bertugas dlam mempersiapkan rangka tempat dan prasarana lainnya, ,,, sedangkan PENYARIKAN, yang bertugas dlam bidang adiministrasi/ surat menyurat ,,, sedangkan PASEK bertugas membantu kelancaran tugas tiga di atas ,,, mari kita flash back pikiran kita masuk era th 1500-san ,, catur lawa itu kemungkinan hanya rompok2/gubuk2 kecil dlm persiapan upacara ,, jadi Catur Lawa ini bukan masuk PURA SOROH/klen,,,, dan Catur Lawa ini lah awalnya pangampu tugas di Besakih sebelum masuknya 2 resi agung yaitu Danghyang Astapaka (buddha) dan Danghyang Nirartta (siwa) ,,,, saat itulah secara perlahan dan pasti ada penataan konsep2 tempat suci/pura, teologi masyarakat hindu bali mulai berubah drastis ,,, kalau seandainya arya majapahit yg lebih dahulu ada di besakih semestinya tempat suci/ padharmannya ada didepan, dan kenapa kini berada dibelakang pura catur lawa, itu penanda bahwa beliau itu keberadaannya dibelakang setelah catur lawa ,,, perkembangannya catur lawa dari tugas/ jabatan/WARNA dlm konsep Hindu berubah menjadi ke- WANGSA /soroh/klen atau kelompok warga ,,, semenjak reformasi menyeluruh oleh 2 pendeta itu sehingga membawa dampak kebingungan bagi masyrakat Bali Mula, yg awalnya gunung sebagai stana para dewa/ tuhan, pertapaan para raja dan resi sebagai tempat pendekatan ke tuhan akhirnya di-PELINTIR oleh babad/ para penekun sastra bahwa leluhurnya berasal dari batara yg malinggih di gunung itu ,, akhirnya yaitu kacau balau ,

embali ke topik Pura BESAKIH ,,,, kalau seandainya Besakih merupakan tempat kerajaan awal raja bali SRI KESARI WARMADEWA, th 884 M, adalah sangat tidak masuk akal, tak mungkin tempat kerajaan di bawah gunung berapi yg setiap saat akan MAKEBLUG, lalu lari tunggang langgang ,,, disamping itu nama kerajaan Sri Kesari Warmadewa adlah SINGA MANDAWA artinya, Singa = Kesari, Madawa = pendapa, balai agung, Jadi Singa Mandawa = kerajaan kesari. ,,, untuk menganalisa nama suatu tempat salah satunya melalui persesuaian bunyi, yg ada saat kini, harus ada kecocokan dgn yg lalu ,,, persesuaian bunyi kerajaan awal kesari hanya SINGARAJA ibukota Buleleng ,,, Singaraja artinya Singa = Kesari, Raja = raja, analisis menjadi Kesari lah yg menjadi raja saat itu ,,,, jadi kurang tepat Besakih merupakan tempat kerajaan Sri Kesari Warmmadewa

gung bali mengatakan...
on 

nah apakah setelah saya berikan sedikit sumber di atas orang yg mengaku keturunan majapahit itu juga akan bawa budaya klaim'a kemari..???dr jaman bali-majapahit...bali-jakarta..bali slalu kena tipu daya...

gung bali mengatakan...
on 

hahahahahahahahaha... ayo ditanggapi donk, wahai orang-orang yang mengaku-ngaku keturunan majapahit dan tergabung di web ghebhleg ini!

Jangan hanya melemparkan persoalan dan ketika ditanya kembali, maka lari dari tanggung jawab. Jangan lempar batu sembunyi tangan! Jangan cuma bisanya menyebarkan fitnah dan perpecahan NKRI!

Jangan sebentar-sebentar berdalih "gara gara arab, majapahit runtuh", gara-gara dajjal arab, majapahit jatuh". Nah, sekarang ada persoalan dari Gung Bali.. coba dijawab. Jangan berlaku koplo dan sontoloyo!

Salam dari:
Anonimous Keturunan Jawa Ngapak!

Anonim mengatakan...
on 

ada baiknya jika kita semua sadar, perjuangan tidak akan mencapai titik keberhasilan bila kita sendiri memendam kebencian dan dendam atas nama masa lalu (yang masih samar-samar). penafsiran tentang majapahit bukanlan tunggal. banyak penafsiran yang sampai ke kita dewasa ini, dan mungkin penafsiran kita hanyalah satu versi saja dari sekian versi. tidak ada hak kita mengklaim versi kita pasti benar dan versi yang lain pasti salah, begitupun sebaliknya, tidak ada hak versi lain mengklaim pasti benar dan versi kita pasti salah. bukalah cakrawala lebih luas lagi, agar kekurangan dalam versi kita menjadi lengkap sehingga kita tidak salah arah dan langkah, kemudian main tuduh dan mencari kambing hitam. persatuan atas nama SARA tidak bisa dilakukan jika sebenarnya kita sedang menebar kebencian atas nama SARA itu sendiri. jadi berjuanglah dengan cakrawala yang luas dan kebijaksanaan yang menentramkan..bukan permusuhan dan mencari-cari kesalahan yang kita butuhkan tetapi sebaliknya persahabatan dan saling mengikhlaskan...

SURYO PAMUNGKAS mengatakan...
on 

Saya sepakat dengan Suryo Pamungkas..... BUKA CAKRAWALA, baru BICARA!

Salam dari:
Anonimous Keturunan Jawa Ngapak

Anonim mengatakan...
on 

Masih rajin aja komentar K T jawa Ngapak ini, aku sudah bosan .......

Anonim mengatakan...
on 

Hahahahaha... Kalo bosan ya jangan dibaca, Goblok! gitu aja kok repot.

kalau belum bosan, habis baca direnungkan ya.. seperti kata admin!

Goblog banget sih...

Salam dari:
Anonimous Keturunan Jawa Ngapak.

Anonim mengatakan...
on 

Brangkat dari jawa udah membayangkan kebesaran Puri Majapahit dan bertemu dengan Maharajanya, eee...ternyata nyampai disana disambut salakan dan gogongan anjing, pudar sudah bayangan itu, langsung para leluhur memintaku untuk kembali,harusnya kebesaran itu diwujudkan bukan diwacanakan dan diaku-aku saja, satu pelajaran berharga untuk tidak mudah menerima pernyataan bahwa seseorang telah menerima wahyu surya majapahit...Bangsa Nusantara tidak butuh provokator tetapi butuh pemersatu. Kris Baro

Kris Baro mengatakan...
on 

Bangsa Indonesia Nusantara akan maju bila dikelola dengan nilai-nilai kekinian. Bukan nilai yang telah punah ditelan zaman. Bukan nilai yang sudah tidak ada lagi juntrungannya.

Nilai kekinian adalah nilai yang hidup, tumbuh dan berkembang di masyarakat. Nilai yang hadir dan menjadi dasar kehidupan masyarakat. Bukan nilai abstrak dan penuh dongeng. Bukan nilai yang pernah ada tapi kini mati. BUKAN, BUKAN Itu... Tetapi nilai yang masih tumbuh dan Hidup. Dan, nilai-nilai ini adalah ISLAM.

Maka jika ingin membangun Nusantara ini jaya, bangunlah dengan mengedepankan nilai-nilai ISLAM. BUkan nilai-nilai INDIA yang usdah menjadi asing di tanah Nusantara ini.

Salam dari:
Anonimous Keturunan Jawa Ngapak

Anonim mengatakan...
on 

islam lagi ikut ikut tan telek itu islam munafik..... candi dikatakan musrik eh sekarang mengklaim candi borobudur buatan salah satu nabinya.... di sangkutin dengan ayat alqur"an lagi..... hah dasar munafik......

Anonim mengatakan...
on 

Salam saudaraku : Pura Bekasih ........, Ibu Majapahit. Smoga suatu tanda akan kembalinya Majapahit di dalam kehidupan bangsa ini. Mohon alamat lengkap bisa di kirim ke saya. Smoga Yang Kuasa memberikan kekuatan untukku bisa sampai ke Puri dan bisa bertemu dg Ibu Majapahit. Untuk saudaraku yg membaca dan banyak berbagai komentar. " Janganlah engkau banyak beradu argumen yg hanya menambah perbendaharaan perpecahan, namun banyaklah menyampaikan kata hatimu dg perasaan. Ingat!, selama kulit warnamu sama, rambut ikalmu sama, mata hitammu sama. Maka tidaklah lazim kata saling hujat itu di keluarkannya. Kita sudah cukup terpecah belah karena ke egoisan kita sendiri dengan mengaku ngaku yang paling. Padahal kita sebagai bangsa kulit sawo matang sudah di luluh lantakkan sampai akar adat istiadatnya oleh bangsa lain masih juga pamer kehebatan terhadap saudara sendiri. Tidak perlu mencerca Islam, tidak perlu mencerca hindu, Budha, Kristen ataupun Khong huncu. Yang perlu di cerca diri kita sendiri yang egois. Kalau kita sadar bahwa kita anak anak kulit sawo matang mak pasti kita dari satu petarangan yang sama yaitu Dewanata pranataning cahyang surya Nuswantara. Kenalilah kata DEWA. Itu bukan milik Hindu saja, itu bukan milik Budha saja, bukan milik Islam saja, Bukan milik Kristen saja dan bukan pula milik Khonghunchu saja. Namun kata Dewa lebih spesifik milik Bangsa penghuni tanah Djawa Dwipa dan itu milik anak bangsa kulit sawo matang sebagai pokoknya dan semua warga yang mengakui adanya Nuswantara. Ajakanku mari kita kembali ke jatidiri bangsa sendiri sehingga kita bisa mengatatasi masalah kita sendiri tidak seperti sekarang, kita menjadi budak bangsa lain di negeri sendiri. Mohon alamat Puri Ibu Majapahit bisa di kirimkan ke mandalapaksi@gmail.com. saya akan datang sebagai putra Nuswantara yang sangat rindu dengat adat istiadat Nuswantara. R. Mandala Paksi Jalabumi Wijayakusuma.

mandala paksi mengatakan...
on 

Salam saudaraku : Pura Bekasih ........, Ibu Majapahit. Smoga suatu tanda akan kembalinya Majapahit di dalam kehidupan bangsa ini. Mohon alamat lengkap bisa di kirim ke saya. Smoga Yang Kuasa memberikan kekuatan untukku bisa sampai ke Puri dan bisa bertemu dg Ibu Majapahit. Untuk saudaraku yg membaca dan banyak berbagai komentar. " Janganlah engkau banyak beradu argumen yg hanya menambah perbendaharaan perpecahan, namun banyaklah menyampaikan kata hatimu dg perasaan. Ingat!, selama kulit warnamu sama, rambut ikalmu sama, mata hitammu sama. Maka tidaklah lazim kata saling hujat itu di keluarkannya. Kita sudah cukup terpecah belah karena ke egoisan kita sendiri dengan mengaku ngaku yang paling. Padahal kita sebagai bangsa kulit sawo matang sudah di luluh lantakkan sampai akar adat istiadatnya oleh bangsa lain masih juga pamer kehebatan terhadap saudara sendiri. Tidak perlu mencerca Islam, tidak perlu mencerca hindu, Budha, Kristen ataupun Khong huncu. Yang perlu di cerca diri kita sendiri yang egois. Kalau kita sadar bahwa kita anak anak kulit sawo matang mak pasti kita dari satu petarangan yang sama yaitu Dewanata pranataning cahyang surya Nuswantara. Kenalilah kata DEWA. Itu bukan milik Hindu saja, itu bukan milik Budha saja, bukan milik Islam saja, Bukan milik Kristen saja dan bukan pula milik Khonghunchu saja. Namun kata Dewa lebih spesifik milik Bangsa penghuni tanah Djawa Dwipa dan itu milik anak bangsa kulit sawo matang sebagai pokoknya dan semua warga yang mengakui adanya Nuswantara. Ajakanku mari kita kembali ke jatidiri bangsa sendiri sehingga kita bisa mengatatasi masalah kita sendiri tidak seperti sekarang, kita menjadi budak bangsa lain di negeri sendiri. Mohon alamat Puri Ibu Majapahit bisa di kirimkan ke mandalapaksi@gmail.com. saya akan datang sebagai putra Nuswantara yang sangat rindu dengat adat istiadat Nuswantara. R. Mandala Paksi Jalabumi Wijayakusuma.

mandala paksi mengatakan...
on 

Tidak ada yang abadi di dunia ini. Semua akan datang silih berganti. Tidak ada yang langgeng. Akan ada perubahan.

Jadi masa lampau jadikan kenangan dan sejarah. Move on lah kalau istilahnya dari mantan pacar. Masa kini berbuatlah sesuai situasi kondisi.

Jangan terlalu meagungkan majapahit dan jangan terlalu menjelekkan. Semua sama. Dulu, kini dan nanti.

Jeg yang penting bagaimana caranya kita sekarang menjadikan Indonesia menjadi negara yang bersih dan maju setara atau mungkin bisa lebih dari negara maju lainnya tidak menjadi negara miskin dunia ketiga seperti ini.
Hanya karena masalah ekonomi duit kita semua jadi emosian dan saling menyalahkan.

Semua bener kok jadi santai aja :)

Anonim mengatakan...
on 

Saya pencinta berat budaya bangsa terutama kebesaran majapahit, saya sendiri percaya bahwa majapahit adalah leluhur saya juga, semoga puri ibu majapahit bisa mempersatukan nusantara dengan beragam perbedaan yg indah dan saling mendukung dalam kedamaian. Dear adm bisakah dikirimkan alamat puri ibu majapahit ke email sya kadeksakawati@gmail.com ,sya dan tmn2 ingin sekali tangkil kesana, suksma

sakabali mengatakan...
on 

Bali itu kerajaan berdaulat bukan majapahit, bali ya bali dong

Anonim mengatakan...
on 

bila anda masih meragukan keberadaan majapahit, melanconglah ke bali, karena orang-orang bali saat ini adalah "migran" dari jawa tempo dulu (majapahit), dan kenapa bali lebih terkenal dari indonesia anda sudah tahu sendiri jawabnya....., majaphit saat ini adalah bali....

wid pikiranbebas mengatakan...
on 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Adhitya Maliki mengatakan...
on 

Pada tahun 2014 akan menjadi tahun yang sangat mengejutkan bangsa Indonesia. Seorang pemuda bernama Tuntas Subagyo Akan dicalonkan sebagai Presiden Indonesia ke 7 oleh para tokoh masyarakat dan para tokoh agama pada pemilunya 2014 ini. Pasalnya pada pada awal tahun 2014, pemuda ini dijemput oleh seorang tokoh bangsa di sebuah Rumah sederhana. Pemuda itu diajak bertemu dengan tokoh tokoh lainnya di hotel Jakarta. Sebagian dari tokoh masyarakat menyebutnya sebagai satrio piningit, sebagian tokoh agama menyebutnya pemuda bani Tamim. Tuntas Subagyo, asal Solo Jawa Tengah, kelahiran tahun 1977 ini tidak menyangka dia begitu dihormati saat itu, walau sebagian masih belum percaya. Pertemuan berikut2nya di sebuah tempat yang berbeda, sekitar Jakarta pemuda itu dipertemukan oleh gubernur bank of Swiss. Setelah dilakukan pengecekan sidik jari, retina mata, dan juga tanda tangan, semua terkejut, karena semuanya sama dengan pemilik 25 rekening obligasi di bank of Swiss. Tuntas Subagyo juga tidak mempercayainya saat itu karena pembuatan rekening tsb dibuat tahun 1937 oleh Pak Sukarno dan 11 orang sahabatnya. Agar lebih pasti gubernur bank of Swiss tersebut menanyakan password dari rekening tsb. Hasilnya sekali lagi cocok dan benar semua. Bahkan gubernur bank of Swiss menjulukinya time traveler. Padahal Tuntas Subagyo saat itu tidak tau, tidak mencari, tidak meminta, tidak mempelajari, dan tidak berambisi untuk itu semua. Lalu semua tokoh menyarankan agar Tuntas Subagyo mencalonkan diri sebagai presiden dengan dukungan mereka. Tapi pemuda ini menolaknya. Setelah dijelaskan oleh para tokoh saat itu bahwa keselamatanya sangat terancam, karena Dana tersebut dipakai oleh 26 Negara besar. Dan jika pemuda ini sudah tidak ada maka Dana ini dianggap menguap. Negara Negara tsb menjuluki pemuda ini dengan M-1, 101, king of king, man from east, atau king of Solomon. Sebab Hal tersebut akhirnya Tuntas Subagyo mau dicalonkan menjadi presiden Indonesia ke 7. Pemuda ini Akan muncul ke media setelah tanggal 9 April 2014. Jika pemuda ini akan keluar ke media maka, pertandanya akan ada sebuah konfrensi perss dari Istana di pagi hari, dan pada sore harinya akan ada konfrensi perss oleh para tokoh masyarakat dan agama, juga konfirmasi oleh gubernur bank of Swiss, IMF, IPO, dan wold bank. Selanjutnya Akan ada deklarasi, saat itu muncul seorang pemuda membawa Panji Panji hitam dari Timur. Nanti pemuda tersebut siap untuk melakukan kontrak politik dengan rayat, untuk menjalankan seluruh amanah yang diberikan kepadanya. Salah satunya adalah melunasi hutang hutang bangsa Indonesia dengan hartanya pribadi, dan juga membeli seluruh asset bangsa yang sudah tergadaikan ke bangsa asing dan mengembalikannya lagi kepada Negara ini. Kalau ini semua terjadi maka perhityngan ahli ekonomi tsb benar, setiap kepala keluarga akan mendapatkan gaji setiap bulanya oleh Negara, seperti Brunei. Dan kalau berita ini benar adanya maka, saya sebagai penulis memohon do'a kepada seluruh masyarakat agar Indonesia segera menjadi mercusuar dunia, siapa pun yang Akan memimpin nanti. Amin. Semua yang benar berasal dari Allah dan semua yang salah pasti dari saya sebagai manusia biasa. Hanya Allah yang tau.

Terimakasih
# surya_nuswantara

Adhitya Maliki mengatakan...
on 

Salam
Numpang ijin lewat
timratuadil.blogspot.com/2014/03/breaking-news-10-waspada-merapi-anak-g.html

Suwun

Ratu Adil mengatakan...
on 

Saya merasa terusik dengan kata kata di blog ini yang saling menjelek jelekkan dan bahkan menghina satu sama lain sadarlah itu semua karena kalian merasa sok benar dan fanatisme yang berlebihan pada nabimu

Anonim mengatakan...
on 

Saya membaca dan saya mengerti bagaimana sebaiknya ajaran-ajaran itu difilterisasi. Saling menjelekkan itu hanya membawa kepunahan bagi identitas bangsa itu sendiri. Bangsa besar lahir dari pemikiran besar yang memiliki saling respect. Mengenai "kemampuan-kemampuan" diluar logika kemanusiaan itu bisa saja dikembalikan lagi saat kita melihat kita sebagai manusia yang berproses. Manusia dari alam yang juga berproses. Lapisan-lapisan proses yang tidak mungkin diciptakan oleh kita yang
manusia.
Melihat ke dalam serta memandang keluar dan renungkan apa yang ada disekitar kita, dimana keajaiban benar-benar terjadi.
Salam damai Nusantara

Belubellobelle mengatakan...
on 

AMIN,semoga rentetan komen komen di atas bisa mengevaluasi,mana sesungguhnya makluk pengganggu sama makluk Tuhu. Tetaplah bersatu untuk bersama menuju Kejayaan indonesi yg tetap Bersatu.

sasongko mengatakan...
on 

ada dat yang perlu dikoreksi bang, anda menyebut "swarnhabumi" sebagai negara
'THAILAND" masa kini, ini tidak bisa diterima oleh , nalar, logika, fakta dan sejarah, karna jika kita melihat fakta dan sejarah, dipastikan "SWARNHABUMI" itu adlah, "SUMATRA", karna raja singasari waktu itu , Prabu Kertanegara (leluhur penguasa Majapahit) sblum di serang oleh Gelang- Gelang Kediri, beliau mengirimkan pasukan segelar sepapan untuk "pamalayu" atau menyebrang ke kerajaan Dharmasya Swarnhabumi, pertanyaanya , apakah thailand itu negara melayu ?? anda bisa cari di mbah gugle, adakah nama SWARNHABUMI di tanah thailand, kita bsa berpedoman pada catatan pendeta cihna i-tsing, yg menyebut Sumtra sbagai SWARNHADWIPA / SWARNHABUMI, yang berarti pulau emas, silahkan di cek lagi datanya mas,, mengenai komentar yang mengatakan islam munafik dengan mengakui borobudur itu, sbgai buatan salah satu Nabi kami, sya bertanya pada anda , adkah fakta dan riset resmi yang mengatakan bahwa kami 9islam-red0) mengklaimnya,,

Anonim mengatakan...
on 

PASPAMSRI (Pasukan PEngawal Srikandi)
Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru? Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, resepi dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis.

Dewi Aja mengatakan...
on 

GUDANG303 MASTER BETTING TERPERCAYA

AGEN SBOBET
AGEN BOLA
AGEN JUDI
BOLA ONLINE
REGISTER GUDANG 303
DEPOSIT GUDANG303
WITHDRAW GUDANG303
PERATURAN GUDANG 303
BONUS GUDANG303
LIVESCORE GUDANG 303
PREDIKSI GUDANG 303
LINK ALTERNATIF

http://198.50.133.243/agen-bola-online

Gudang Gudang mengatakan...
on 

Saya ibu sumiatung seorang TKI TAIWAN pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah gaji itupun buat biaya anak sekolah di kampung sedangkan hutang banyak sama majikan kebetulan saya buka-bukan internet mendapatkan nomor MBAH LIMPAH katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya hubungi dan minta angka bocoran TAIWAN angka yang di berikan 4D ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 220.juta bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah MBAH bisa membantu meringankan masalah ingin merubah nasib seperti saya lansung hubungi nomor hp -> (-085-312-407-999-) MBAH LIMPAH demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa atau silahkan buktikan sendiri..














Saya ibu sumiatung seorang TKI TAIWAN pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah gaji itupun buat biaya anak sekolah di kampung sedangkan hutang banyak sama majikan kebetulan saya buka-bukan internet mendapatkan nomor MBAH LIMPAH katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya hubungi dan minta angka bocoran TAIWAN angka yang di berikan 4D ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 220.juta bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah MBAH bisa membantu meringankan masalah ingin merubah nasib seperti saya lansung hubungi nomor hp -> (-085-312-407-999-) MBAH LIMPAH demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa atau silahkan buktikan sendiri..














Saya ibu sumiatung seorang TKI TAIWAN pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah gaji itupun buat biaya anak sekolah di kampung sedangkan hutang banyak sama majikan kebetulan saya buka-bukan internet mendapatkan nomor MBAH LIMPAH katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya hubungi dan minta angka bocoran TAIWAN angka yang di berikan 4D ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 220.juta bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah MBAH bisa membantu meringankan masalah ingin merubah nasib seperti saya lansung hubungi nomor hp -> (-085-312-407-999-) MBAH LIMPAH demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa atau silahkan buktikan sendiri..

ibu sumiatung mengatakan...
on 


PENGAKUAN SAYA BERSAMA KELUARGA BESAR SAYA,INI BUKAN CERITA ATAU PUN REKAYASA BENER-BENER TERBUKTI SAMA SAYA.
ASSALAMU ALAIKUM WR.WB....
Perkenalkan nama saya IBU MASUJI saya sangat berterimah kasih banyak kepada Aki atas bantuanya angka ghoib yang aki berikan kepada yaitu (9892) benar-benar tembus 100%, mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka jitu...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar mampus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk ,hingga akhirnya saya di kasih info kepada teman saya untuk menjadi member AKI RANGGONG,dan ternyata angka ritual ghoib yang AKI kirim kepada saya ternyata jitu..akhirnya terbayar hutang saya ini dan akhirnya saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...bagi anda yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!
Angka GHOIB ; SINGAPURA

Angka GHOIB; HONGKONG

Angka GHOIB; MALAYSIA

Angka GHOIB; TOTO MAGNUM 4D.6D.8D

Angka GHOIB; LAOS

Angka GHOIB; SIDNEY

Angka GHOIB; CAMBODIA

Angka GHOIB; CHINA

Angka GHOIB; KOREA

Angka GHOIB; TOTO KUDA

Angka GHOIB; ARAB SAUDI

Angka GHOIB; BRUNEI DARUSSALAM

Angka GHOIB; TAIWAN

Angka GHOIB; THAILAND
KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUMKAN DI INTERNET…

angka togel sgp hari ini mengatakan...
on 

Asslamualaikum.... saya hanya sebagai perantara untuk menyampaikan tentang angka togel jitu dan akurat, bisa menyelesaikan permasalahan hidup anda. Permasalahan akan tuntas dengan ilmu gaib yang kasat mata. Ritual adalah jalannya ilmu gaib menuju kesuksesan... Jika anda butuh angka togel ghaib hasil meditasi ritual mbah roengsogi anda bisa telpon mbah di kontak yang tertera dibawah.. insya allah akan sukses jika anda mau mengambil keputusan untuk mengikuti angka hasil ritual mbah ini. ingat bahwa kita yang menjalankan tapi allah yang akan menentukan hasilnya. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH AKAN BERHASIL, DEMI ALLAH DEMI TUHAN SAYA SENDIRI SUDAH BUKTIKAN ALHAMDULILLAH BERHASIL DAPAT 369 jt. INI KISAH NYATA SAYA. JIKA ANDA BERMINAT SILAHKAN HUBUNGI MBAH ROENGSOGI DI 085_319_483_234/+6285319483234 Atau kunjungi duluh situsnya agar lebih di mengerti http://khususbocorantogel.blogspot.co.id SEKIAN DAN TERIMA KASIH KPD YANG PUNYA ROOM

Ibu Wardina mengatakan...
on 

terima kasih sudah saya baca.!

Permisi

Pengobatan Alami Kurap di Selangkangan

Pengobatan Alami Kurap di Selangkangan mengatakan...
on 

Aslamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang data dan anak anaknya, ditengah tagihan utang yg menumpuk dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan AKI ZYEH MAULANA hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Untuk yg di luar indon telefon di +6285298275599,Atau Lihat Di internet KLIK DISINI saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.

PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA 

Heri Budiman mengatakan...
on 

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS DANA GAIB

SUKARMAN MALAYSIA mengatakan...
on 

Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di ��PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBAL��

PAk RUDI DI SEMARANG mengatakan...
on 

¬ hal yg tidak pernah terbayangkan kini menjadi kenyataan,dengan keluarga saya untuk AKY SANTORO kami ucapkan banyak terimah kasih karna berkat BANTUAN AKY SANTORO ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari segala HUTANG HUTANG. karna nomor togel yang di berikan KY SANTORO YAITU-4D. nya BENAR BENAR TERBUKTI TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN.125 juta.ALLHAMDULILLAH saya bisa menutupi semua tuhang hutang saya.dan MOTOR saya yg dulunya aku gadaikan,kini sudah di tebus kembali.dan kami juga sudah membuka usaha kecil kecilan,kami tidak menduga KY SANTORO TELAH MERUBAH NASIB KAMI DALAM SEKEJAP.dan hanya AKY SANTORO Lah DUKUN TOGEL YANG PALING BERSEJARAH DI KELUARGA KAMI.ini adalah benar benar kisah nyata dari saya.dan saya tidak malu menceritakannya.semua tentang kesusahan yg perna saya jalani.karna di situlah saya mulai berfikir bahwa mungkin masih banyak saudara kami yg membutuhkan bantuan seperti saya.yang ingin seperti saya silahkan hub AKY SANTORO DI NOMOR(_0823_1294_9955_)Atau KLIK DISINI



DI JAMIN 100% TEMBUS.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI.DAN SAYA SANGAT YAKIN BAHWA ANGKA GHOIB YANG DI BERIKAN KY SANTORO DAPAT MERUBAH NASIB ANDA SEPERTI SAYA.SEBELUMNYA SAYA MOHON MAAF KALAU ADA PERKATAAN SAYA YANG KURANG SOPAN.TOLONG DI MAAF KAN.TERIMAH KASIH.THANK'Z ROOMX ZHOBATH.!!!

bpk muliadi mengatakan...
on 

Mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Sri Wahyuni biasa di panggil Mba Sri, TKI tinggal di kota Pontian johor Malaysia,Saya berprofesi sebagai pembantu rumah tangga, tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya, tetap ikhtiar.
pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos pulang. sempat saya putus asa,gaji pun selalu di kirim ke indonesia untuk biaya anak sekolah,sedangkan hutang banyak, kebetulan teman saya buka-buka internet mendapatkan nomor hp Mbah Suro (+6282354640471) katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan togel dengan keadaan susah jadi saya coba beranikan diri hubungi dan berkenalan dengan beliau Mbah Suro, Dan saya menceritakan keadaan saya.Beliau menyarankan untuk mengatasi masalah perekonomian saya,baiknya melalui jalan togel saja.Dan angka yang di berikan beneran tembus ,4607 dan saya dapat 275 juta alhamdulillah terima kasih banyak ya allah atas semua rerjekimu ini. walaupun ini melalui togel


Sri Wahyuni mengatakan...
on 

IZIN POST YA MIN..

Ingin Menang Puluhan Juta Hanya Dalam Waktu Sehari??
Bukan MIMPI Lagi!!!

Situs Domino Online yang akan Membuat MIMPI Anda Menjadi Kenyataan
Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,5% / Hari
Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup

Info Lebih Lanjut
BBM : 2BB20CA6
Telp / WA : +85592428353

SALAM JAYA TERUS
~~KHARISMA88~~

martin lim mengatakan...
on 

IZIN POST YA MIN..

Ingin Menang Puluhan Juta Hanya Dalam Waktu Sehari??
Bukan MIMPI Lagi!!!

Situs Domino Online yang akan Membuat MIMPI Anda Menjadi Kenyataan
Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,5% / Hari
Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup

Info Lebih Lanjut
BBM : 2BB20CA6
Telp / WA : +85592428353

SALAM JAYA TERUS
~~KHARISMA88~~

martin lim mengatakan...
on 

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Dewi naoli mengatakan...
on 


Terpaksa sy berucap dsni bahwa cita-citaku menjadi TKW sukses pulang di kampungku sudah tercapai, alhamdulillah.... awalnya aku ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa ..!!! terima kasih banyak kpd teman aku yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jd Tkw di SINGAPURA hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti aku . aminn




Mamae Bima mengatakan...
on 

Posting Komentar

Boleh berkomentar panjang lebar, silahkan !,
tapi blog ini bukan promosi jualan, juga jangan salah paham,
baca dulu dan renungkan, lihat kasunyatan, sadar kenyataan.
Semoga berbahagia hari ini. Bersatulah bangsaku melawan dajjal yang meneror untuk memaksakan kehendaknya dengan kekerasan !.